Kamis, 04 Februari 2010

Komunikasi Lewat Tulisan

Bagi sebagian orang menulis adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan, karena dengan menulis semua ide, gagasan, imajinasi bahkan keluh kesah dapat dituangkan dalam tulisan. Tetapi bagi sebagaian orang menulis adalah pekerjaan yang membosankan dan tidak asyik, biasanya terjadi pada orang yang tidak suka membaca, karena kegiatan membaca bisa dianggap sebagai saudara kembar dari menulis. Kegiatan menulis akan lebih bermakna jika terlebih dahulu membaca. Dengan pembendaharaan kata-kata yang dituangkan dalam tulisan akan semakin kaya.
Untuk membiasakan menulis harus ada keinginan yang kuat dari dalam diri lalu wujudkan dengan menuliskan apa saja yang menjadi ide atau gagasan, mungkin perasaan, tidak perlu memperhatikan dulu tata bahasa, yang penting menulis jadi kebiasaan dulu. selanjutnya sedikit demi sedikit kita dapa belajar tata bahasa yang baik dalam penulisan. Jangan takut salah menulis karena semua kegiatan ada resikonya maka menulislah, hanya sebaiknya hindari menulis dengan berpikiran negatif karena itu tidak akan memupuk jiwa kita.
Komunikasi lewat tulisan memang sangat unik, ada penulis yang kurang bisa berkomuikasi lewat lisan tetapi analisis lewat tulisannya bagus. Tulisan memang dapat menggambarkan atau menidentikan dengan sosok penulisnya, tetapi dengan kegiatan menulis semua yang ada dipikiran kita dapat terekam dengan jelas di tulisan. Daya ingat manusia walaupun sangat baik tetapi jika harus menuangkannya secara spontan dan banyak akan sangat kesulita, tetapi dengan menuliskan semua pemikiran kita, gagasan dan ide sepuluh, duapuluh taun ke belakang masih dapat di lihat dalam tulisan.

Tidak ada komentar: