Jumat, 01 Januari 2010

Selamt Jalan Guru Bangsa (Gus Dur)

Di penghujung tahun 2009 kita dikagetkan dengan telah berpulangnya gusdur atau KH Abdurrahman Wahid kepangkuan Illahi. Gus Dur memang penuh sensasi dan kontroversi tapi itulah Gus Dur, dan itu diperlukan serta harus ada di negara tercinta ini. orang semacam Gus Dur sulit untuk di cari dia bisa mengarahkan opini publik bukan ikut arus opini publik, untuk counter balance pemerintah memang sangat dibutuhkan kehadirannya.
Tapi kini telah tiada, namun perjuangan harus diteruskan selamat datang Gus Dur - Gus Dur baru banyak sekali permasalahan-permasalahan bangsa yang harus diselesaikan dengan cerdas.Patah tumbuh hilang berganti (meminjam semboyan TNI) tokoh-tokoh nasional dan guru bangsa memang akan muncul seiring dengan waktu, yang jadi permasalahan situasi apa yang memunculkan tokoh itu. karena dengan tempaan situasi dan kondisi yang kondusif dan demokrtis yang akan melahirkan tokoh-tokoh yang berkualitas.
Terlepas dari berbagai kontroversi kita harus mengakui bahwa Gus Dur merupakan tokoh demokrasi dan pluralitas di Indonesia. walau banyak yang menghujat termasuk dari kalangan islam sendiri tetapi Kiyai yang satu ini tetap konsisten, humor-humor cerdas selalu dimunculkan dalam setiap situasi. Sebagai pembela kaum minoritas dia tak takut untuk menyuarakan tentang sesuatu walaupun bertentangan dengan arus publik.
Selamat Jalan Gus.....

Tidak ada komentar: